AslEnbAPoWRqpLbGBgcm6DsXO8rynmk2pZ6Hu1Fv

Lodeh Daun Singkong Padang

Bila ingin membuat atau memasak Lodeh Daun Singkong Padang perhatian point ini yaitu bahan utama, bumbu, resep cara langkah-langkah pengolahannya.

www.padangpedia.com -Lodeh Daun Singkong Padang. Satu minggu yang sudah lalu mimin makan nasi padang. Tak tau kenapa kesengsem sama sayur singkongnya, lalu cari tahu apa sih resepnya?

Dengan berbagai usaha, resep yang mimin dicaripun ketemu. Ternyata tetangga Admin sebut saja namanya mba "Yana" jago masak "lodeh daun singkong khas padang" gitu, mbaknya juga baik banget mau kasih tau ke saya caranya.

Untuk itu melalui postingan ini Admi mengucapkan terimakasih banyak ke mba Yana atas resep sayur lodeh daun singkong padang yang telah diberikan ke kita dan dibagikan kepublik.

Bila sedang dirumah dan Anda juga ingin membuat dan mau tau resep dan bumbu lodeh daun singkong ala padang ini, silahkan simak tulisan ini tahap demi tahap dengan baik hingga selesai pada langkah pengolahannya.

Lodeh Daun Singkong Padang

Yuk, mari belajar membuat/memasak sayur lodeh daun singkong padang yang bagus untuk dikonsumsi keluarga dengan biaya yang relatif murah dan bahan yang mudah ditemukan. Simak penjelasan dibawah ini.

Lodeh Daun Singkong Padang
Lodeh Daun Singkong Padang

Resep Sayur Lodeh Daun Singkong Padang

Bahan-bahan sebelum masuk padan bagian Bumbu yang wajib Anda sediakan untuk membuat lodeh daun singkong satu ini diantara lain adalah:

Bahan Utama:

✅ Sediakan Daun singkong 1 ikat

✅ Sediakan Santan 500 ml

Bumbu Halus:

✅ Siapkan Kunyit 2 Cm 

✅ Siapkan Kemiri 2 Butir

✅ Siapkan Ketumbar 1 Sdt

✅ Siapkan Bawang Putih 3 Siung

✅ Siapkan Bawang Merah 4 Siung

✅ Siapkan Cabe Rawit 5 Buah (Boleh Ditambah Jumlahnya Kalau Dirasa Kurang)

✅ Siapkan Cabe Merah Keriting 3 Buah

Bumbu Lodeh Daun Singkong Padang

Berikut adalah bumbu yang bisa anda pergunakan dan wajib anda siapkan untuk jenis sayur yang ini "lodeh daun singkong" sebelum masuk pada bagian langkah/cara membuatnya, simak pada daftar dibawah ini:

✅ Digeprek 2 Batang Serai

✅ Digeprek 1 Ruas Lengkuas

✅ Daun Jeruk 2 Lembar

✅ Daun Salam 1 Lembar (Apabila Ukuran Daunnya Kecil Pakai 2 Helai Saja)

✅ Garam 1 1/2 Sdm

✅ Kaldu Bubuk 1 Sch

✅ Minyak 4 Sdm Untuk Menumis

Langkah/Cara Membuat

Tahap terakhir dalam pembuatan/memasak "Lodeh Daun Singkong Padang", setelah selesai menyiapkan bahan dan resep diatas adalah cara memasaknya. Untuk masak sayuran satu ini cukup mudah, perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1

Petiklah atau beli daun singkong yang masih segar di pasar apa bila tidak mempunyai kebun singkong, Lalu rebus sebentar saja dan iris-iris dengan ukuran lebih kecil

Langkah 2

Bisa diblender atau diuleg kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, cabe merah keriting dan cabe rawit lalu Setelah halus, panaskan minyak lebih dulu diatas wajan lalu tumis bumbu halus tadi.

Langkah 3

Apabila aroma dari pada bumbu halus sudah tercium, sekarang masukkan serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk dan tumis dengan durasi yang tidak lama "sebentar saja". Lalu tambahkan santan juga garam dan kaldu bubuk.

Langkah 4

Anda bisa mengetes rasa dari pada sayur lodeh daun singkong yang hampir siap ini. Apabila di rasa sudah cukup masukanlah daun singkong yang telah diiris tadi, Rebus hingga daun lebih lunak, kemudian tes rasa kembali. Apabila rasa asin kurang bisa ditambah sedikit garam.

Langkah 5

Apa bila Langkah 1 sampai 4 selesai, maka hidangan lodeh daun singkong padang yang Anda bikin saat ini siap disajikan diatas meja makan dirumah.

Tips dan Kualitas

Kualitas

Sekedar Tips untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Banyak yang bisa memengaruhi kualitas dari pada sayur lodeh daun singkong padang. Misalnya: kualitas bahan-bahan, cara mengolah, proses masak, kwalitas bumbu maupun dalam proses penyuguhannya.

Tips

Bunda bisa saja menambahkan beragam variasi pada olahan "lodeh singkong padang ini", dengan kreativitas sendiri atau mungkin dengan tentanggaan Anda yang jago_variasi.

Walau tidak memakai bahan-bahan premium, sajian lodeh satu ini bila dihidangkan bisa menambahkan fresh dan kenikmatan dan memberi kesehatan bagi tubuh.

Pengertian Lodeh Daun Singkong

Lodeh daun singkong adalah salah satu masakan tradisional yang populer di wilayah Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Masakan ini terdiri dari daun singkong yang direbus dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan asam jawa.

Masakan ini sering disajikan dengan nasi putih hangat atau ketupat. Lodeh daun singkong Padang dikenal karena rasa gurih dan lezatnya, dan merupakan salah satu masakan khas yang harus dicoba bagi siapa saja yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Catatan Sayur Lodeh Daun Singkong Padang

Anda baru saja melihat Bahan, Bumbu, Cara Membuat hingga Resep Lodeh Daun Singkong Padang, semoga dapat membantu dan bisa dipergunakan untuk membuat sayur lodeh dirumah dengan bahan olahan daun singkong.

Bila terdapat kesalahan dalam pemaparan ini mohon kritik dan saran untuk bisa admin perbaiki secepat mungkin. Terimakasih.