AslEnbAPoWRqpLbGBgcm6DsXO8rynmk2pZ6Hu1Fv

Bumbu Ikan Lele Bakar Padang

Bumbu Ikan Lele Bakar Padang. -Jenis ikan air tawar yang satu ini banyak dijumpai di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Ikan lele memiliki tubuh yang panjang dan pipih dengan sirip yang kecil.

Daging ikan lele lembut dan nikmat, sehingga ikan lele sering dijadikan bahan masakan dalam berbagai masakan, seperti ikan lele bakar, ikan lele goreng, atau ikan lele pepes.

Ikan lele juga banyak dibudidayakan sebagai sumber protein hewani yang murah dan terjangkau. Lantas apa saja bumbu yang digunakan dalam mengolah ikan lele? simaklah paparan berikut ini.

Bumbu Ikan Lele Bakar Padang

Resep Ikan Lele Bakar Padang

Berikut ini adalah resep ataupun bumbu yang dipergunakan untuk membuat ikan lele bakar khas Padang.

Bahan-bahan

✔ 1 ekor ikan lele, bersihkan dan potong-potong sesuai selera

✔ 2 sdm tepung beras

Bumbu kuning (dihaluskan):

✔ 8 buah bawang merah

✔ 3 siung bawang putih

✔ 5 cm jahe

✔ 2 cm kunyit

✔ 5 cm lengkuas

✔ 1 sdm ketumbar

✔ 1 sdt jintan

✔ 2 lembar daun salam

✔ 1 batang serai, memarkan

✔ 3 cm cengkeh

✔ 2 batang kayu manis

✔ 5 buah cabe rawit merah

✔ Garam dan gula secukupnya

✔ 2 sdm minyak goreng

Catatan. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera, seperti kecap manis, saus tiram, atau minyak goreng untuk memberikan rasa yang lebih gurih pada ikan lele bakar Anda.

Cara membuat Lele Bakar Bumbu Padang

Langkah-langkah yang penting untuk Anda ketahui dalam mengolah ikan lele bakar ala padang di antaranya seperti berikut ini. Lihat 👉Kumpulan Bumbu ikan bakar padang

✔ Lumuri ikan lele dengan tepung beras hingga rata. Diamkan selama 10-15 menit agar tepung melekat dengan baik pada ikan.

✔ Panaskan minyak goreng dalam wajan atau dandang. Kemudian tumis bumbu kuning hingga harum.

✔ Masukkan ikan yang sudah diolesi tepung ke dalam wajan. Kemudian bakar hingga kedua sisinya kecokelatan.

✔ Angkat dan tiriskan ikan lele bakar. Sajikan bersama nasi hangat

Tips Memilih Ikan Lele Bakar Padang

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih ikan lele yang baik untuk dibakar:

Pilih ikan lele yang segar

Cari tahu bagaimana ikan lele tersebut dipelihara dan diperoleh. Ikan lele yang segar akan memiliki tekstur daging yang lebih empuk dan rasa yang lebih nikmat.

Pilih ikan lele dengan ukuran yang sesuai

Jika Anda ingin membuat ikan lele bakar Padang untuk keluarga kecil, pilihlah ikan lele dengan ukuran sedang atau kecil.

Namun, jika Anda akan menyajikan ikan lele bakar Padang untuk banyak orang, pilihlah ikan lele dengan ukuran yang lebih besar.

Perhatikan kondisi ikan lele

Ikan lele yang sehat akan memiliki mata yang jernih, kulit yang bersih, dan daging yang lembut. Jika Anda merasa kurang yakin dengan kondisi ikan lele, sebaiknya carilah ikan lele yang lain.

Pilih ikan lele yang tidak terlalu banyak mengandung lemak

Ikan lele yang terlalu banyak mengandung lemak akan terasa lebih berat dan kurang sehat. Pilihlah ikan lele yang memiliki jenis daging yang lebih putih agar lebih sehat dan lebih mudah dicerna.

Bertanggung jawab atas ikan lele

Hargailah ikan lele yang diperoleh dengan cara yang bertanggung jawab. Cari tahu apakah ikan lele yang Anda beli diperoleh dengan cara yang ramah terhadap lingkungan dan tidak merugikan keberlangsungan populasi ikan lele di alam.