AslEnbAPoWRqpLbGBgcm6DsXO8rynmk2pZ6Hu1Fv

Resep Ikan Bawal Bakar Padang

Ikan bawal bakar padang merupakan ikan bawal yang dibakar dengan cara yang khas dari kota Padang. Dalam membakarnya biasanya dengan menggunakan arang kayu atau arang batok kelapa untuk menghasilkan aroma khas yang lezat.

Umumnya Ikan bawal bakar padang sering disajikan dengan sambal dan nasi sebagai hidangan utama pada menu rumah makan Padang.

Resep Ikan Bawal Bakar Padang

Resep Ikan Bawal Bakar Padang

Jika ingin membuatnya, Berikut ini adalah Bumbu ikan bawal bakar padang yang dapat Mommy coba praktekkan dirumah, Lihat kumpulan 👉 Bumbu ikan bakar padang

Bahan-bahan

✔ 1 ekor ikan bawal, bersihkan dan potong-potong sesuai selera

✔ 2 sdm air jeruk nipis

✔ 1 sdt garam

✔ 1 sdt gula pasir

✔ 1 sdt kaldu bubuk

✔ 1 sdt merica bubuk

✔ 1 sdt bawang putih bubuk

✔ 1 sdt jahe bubuk

✔ 1 sdt ketumbar bubuk

✔ 2 lembar daun jeruk

Cara membuat

Setelah menyiapkan "Bumbu ikan bawal bakar padang" diatas berikut merupakan langka atau cara membuatnya:

✔ Campur semua bahan bumbu kecuali daun jeruk dalam wadah. Aduk rata.

✔ Letakkan potongan ikan dalam wadah bersama bumbu yang sudah dicampur. Aduk rata hingga ikan terlapisi bumbu dengan merata. Diamkan selama 30 menit.

✔ Siapkan bara api yang sudah terbakar. Letakkan ikan yang sudah dibumbui di atas bara api. Bakar hingga ikan terlihat matang dan terbakar.

✔ Tambahkan daun jeruk di atas ikan yang sudah terbakar. Tutup api dan diamkan selama 5 menit.

✔ Angkat ikan dari bara api dan sajikan bersama sambal dan nasi hangat.

Anda juga dapat menambahkan bahan lain sesuai selera, seperti daun kaffir atau daun kemangi untuk memberikan aroma tambahan pada ikan bawal bakar padang. Selamat mencoba.

Tips Memilih Ikan Bawal

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih ikan bawal yang segar dan berkualitas:

Cari ikan bawal yang masih segar

Cara termudah untuk memeriksa ke segaran ikan adalah dengan memeriksa bagian mata. Ikan yang segar biasanya memiliki mata yang jelas dan tidak terlihat kabur.

Pilih ikan bawal dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda

ika Anda ingin memasak ikan bawal dalam bentuk filet, pilih ikan dengan ukuran yang lebih besar. Namun, jika Anda ingin menggoreng ikan bawal, ikan dengan ukuran yang lebih kecil lebih disarankan.

Perhatikan warna kulit ikan bawal

Ikan yang sehat dan segar biasanya memiliki warna kulit yang cerah dan terang. Jika warna kulit ikan terlihat pucat atau kusam, kemungkinan ikan tersebut sudah lama ditangkap.

Perhatikan bagian daging ikan

Ikan yang segar biasanya memiliki daging yang tebal dan kenyal. Jika daging ikan terlihat kering atau longgar, kemungkinan ikan tersebut sudah lama ditangkap atau tidak segar.

Belilah ikan bawal di pasar ikan atau toko ikan yang terpercaya

Pastikan toko tersebut memiliki reputasi baik dan menjual ikan yang segar. Jika Anda tidak yakin tentang ke segaran ikan, sebaiknya jangan membelinya.