Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Pembuka Khas Padang

Pengertian Makanan Pembuka. -Dalam Bahasa Inggris makanan pembuka dikenal sebagai "appetizer" yang berasal dari kata appetite dan memiliki arti "nafsu makan".

Jadi kalau disimpulkan makanan pembuka diperuntukkan untuk menggairahkan selera makan dan dihidangkan saat sebelum para tamu merasakan nikmat makanan yang lainnya.

Umumnya pembangkit nafsu makan, appetizer (Makanan Pembuka) akan dihidangkan dalam jumlah yang relatif kecil sekitar di antara satu sampai dua gigitan saja.

Disamping itu, makanan pembuka ini biasanya mempunyai rasa mudah atau dalam kata lain "bukan makanan berat", uniknya lagi makan jenis ini sangat nikmat, dan segar.

Disetiap daerah memupunyai ciri khas masing-masing terkait makanan pembuka, yang di sajikan pada acara tertentu untuk membangkitkan selara dan menyambut tamu-tamunya, seperti di area Padang dan sekitarnya

Makanan Pembuka Khas Padang

Lantas apakah anda pernah mendengar apa itu makanan pembuka yang khas di padang?. Pada kesempata ini admin padangpedia.com sedikit berbagi informasi tentang makanan pembuka khas padang seperti uraian berikut ini:

Lamang Tapai

Makanan Pembuka Khas Padang padangpedia.com
lamang tapai -padangpedia.com

Makanan pembuka khas Padang satu ini dikenal datang dari area pesisir selatan padang, Tetapi nyaris setiap area atau wilayah di Minangkabau menyuguhkan hidangan lamang tapai ini.

Bahan-bahan dasarnya lamang tapai sendiri berasal dari beras ketan yang diolah resep tertentu hingga menciptakan rasa manis yang khas.

Mempunyai cita-rasa manis yang amat khas, masakan pembuka dari Padang 'lamang tapai" ini juga dikenal sebagai makanan tradisionil khas Minang dan karena strukturnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuat Lamang Tapai dijadikan sebagai makanan pembuka khas padang di daerah ini.

Resep/bahan Lamang

a. 1 ltr beras ketan Putih

b. 1/2 liter Santan dari 1 buah kelapa

c. 3 helai daun pandan

d. Garam seperlunya

e. Daun pisang

Resep/bahan Tapai Ketan

a. 1 ltr beras ketan merah

b. 1/2 bongkah ragi

c. Cabe keriting untuk proses fermentasi

d. 3 biji cengkeh untuk pengharum tapai

Cara Membuat Lamang dan Tapai:

Membuat Lamang:

1. Cuci hingga bersih beras ketan selanjutnya campur dengan santan. Masukan garam dan daun pandan lalu aron. Angkat.

2. Kemas/bungkus beras ketan menggunakan daun pisang, masukan di dalam cetakan lontong, kukus sampai masak biasanya memakan waktu hingga 30 menit.

3. Saat sebelum dihidangkan, bakar lamang di atas api atau bila tidak bila anda tidak memiliki wajan anti lekat.

4. Apabila sudah kecoklat-coklatan, angkat dan dinginkan.

Membuat Tapai:

1. Leburkan ragi hingga jadi bubuk selanjutnya tebarkan ragi tersebut dengan rata diatas beras ketan anda bisa melakukannya dengan cara di ayak.

2. Tutup beras ketan yang telah diragi dalam wadah kedap udara.

3. Sebelumnya tempatkan dahulu cabe dan cengkeh di atas beras ketan tadi lalu selanjutnya tutup menggunakan daun pisang.

4. Diamkan beberapa saat beras ketan dalam kurung lebih kurang 3 hari di area yang kering.

5. Sesudah jadi dan sedikit berair, taruh sebagai topping lamang yang telah diiris-iris tipis.

Lompong Sagu, Makanan Pembuka khas Padang

Makanan Pembuka Khas Padang padangpedia.com
Lompong Sagu -padangpedia.com

Makanan Pembuka Khas Padang yang ini sebetulnya datang dari Daerah Subulusaalam, Aceh tetapi sudah menjadi Jajan Khas Padang warga setempat terpikat karena rasa Lompong Sagu yang pas dilidah.

Makanan yang dibuat dari kombinasi sagu, kelapa, dan pisang ini menciptakan wangi khas, aroma tersebut ada karena lampong sagu diolah dengan cara membakarnya diatas tungku kayu bakar.

Hampir mirip dengan rendang yang selalu dicari para pencinta kuliner, di "Padang/Sumbar" kue lompong sagu satu ini juga menjadi sasaran beberapa pelancong.

Jenis makanan pembuka khas padang yang ini tergolong susah untuk ditemui dan didapatkan. Untuk itu anda dapat membuatnya sendiri "Lompong sagu" (khas Sumatera Barat/Sumbar) dengan mengikuti panduan kami dalam membuat Lompong sagu sumatera Barat berikut

Resep Bahan Lompong Sagu khas Padang

Adapun bahan atau resep dalam pembuatan lompong sagu khas padang pada umumnya dengan menggunakan bahan dan bumbu berikut ini:

1. pisang kepok, lumatkan menggunakan garpu - 500 gr

2. tepung sagu - 125 gr

3. garam - 1/2 sdt

Bahan isi:

1. kelapa parut - 150 gr

2. gula jawa (resep asli 200gr) - 50 gr

3. air - 100 ml

4. tepung ketan - 2 sdm

5. daun pandan - 2 lembar

6. garam - Sejumput

7. Daun pisang sebagai pembungkus

Cara Membuat Lompong Sagu Padang

Sesudah Anda mempersiapkan bahan-bahan di atas. Seterusnya Anda baca beberapa langkah secara detail untuk memasak (membuat) Lompong sagu (khas Sumbar) di bawah ini:

Campurkan gula jawa di air, selanjutnya didihkan bersamaan daun pandan. Masukan kelapa parut dan garam. Aduk sampai airnya menyusut.

1. Masukan tepung ketan dan aduk sampai rata, lalu sisihkan.

2. Lumatkan pisang, setelahnya campur menggunakan tepung sagu dan garam. Aduk sampai rata..

3. Kemas/bungkus seperti pepes di atas daun pisang (2 sendok makan adonan pisang ditambah 2 sendok makan isian).

4. Seterusnya Pangganglah di atas teflon dengan api sedang sampai daun pisang terlihat coklat agak hitam. team padangpedia.com sering menggunakan model borongan tujuannya adalah agar irit tenaga juga waktu, jadi h*pp*call yang team gunakan dikasih alas daun pisang selanjutnya setengah adonan pisangnya diratakan, tumpuk dengan isian seterusnya tutup menggunakan sisa adonan pisang yang ada di atasnya. Jangan lupa Tutup dengan menggunakan daun pisang kembali dan panggang tertutup. sekarang Tinggal bolak balik teflonnya hingga masak.

Jika berkunjung ke Sumbar, janganlah lupa mencicip Lompong Sagu. Makanan Pembuka Khas Padang sekaligus makanan tradisionil khas Minangkabau ini merupakan makanan yang lumayan banyak dicari saat Ramadhan. Di luar Ramadhan orang yang jual kue satu lampong sagu cukup terbatas.

Nah cukup mudah bukan? membuat Lompong sagu (khas Sumbar) satu ini. Silakan kita coba di rumah yaa. Mudah-mudahan sukses dan selamat mencicipinya.

Posting Komentar untuk "Makanan Pembuka Khas Padang"