AslEnbAPoWRqpLbGBgcm6DsXO8rynmk2pZ6Hu1Fv

Resep Gulai Daun Singkong Bumbu Padang |Tips, Bahan Dan Bumbu

Berikut tips, bahan, bumbu dan cara membuat hingga resep gulai daun singkong bumbu padang terbaru yang lezat cocok untuk kesehatan tubuh

www.padangpedia.com -Resep Gulai Daun Singkong Bumbu Padang, adalah tipe masakan yang sangat terkenal dipulau Sumatera dan Jawa. Walau umumnya gulai yang biasanya terbuat dari bahan-bahan khusus hewani misalnya kambing, ayam atau ikan. Tetapi nyatanya banyak yang mengubahnya dengan bahan-bahan nabati seperti Daun Singkong yang akan admin bahas ini.

Struktur yang didapat dari daun singkong cukup empuk tetapi tidak gampang remuk dan tidak alot menyatu dengan gurih kuah santan yang membuat cita-rasanya yang bagus.

Kandungan didalam Daun Singkong dikenali begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sangat berguna untuk pencernaan, pembaharuan sel ditubuh, kaya serat, dah pas untuk Ibu-Ibu yang terserang anemia lantaran kandungan ini bisa menambahkan darah.

Kegunaan kandungan dari pada daun singkong satu ini pastilah amat penting, tak terkecuali saat sedang berpuasa. jadi tidak salah apabila menjadikannya sebagai hidangan untuk berbuka atau menu saat sahur dan buka puasa.

Resep Gulai Daun Singkong Bumbu Padang

Yuuk, mari ciptakan kesedapan dan kelezatan lewat Resep Gulai Daun Singkong Bumbu Padang satu ini, diatas meja makan dirumah. Anda bisa melihat sampai tuntas mulai dari bahan, bumbu hingga cara mengolahnya seperti pada uraian berikut ini:

Resep Gulai Daun Singkong Bumbu Padang - Tips, Bahan Dan Bumbu
Resep Gulai Daun Singkong Bumbu Padang

Bahan Utama

Pertama yang perlu Bunda persiapkan adalah bahan-bahan olahan gulai daun singkong bumbu padang seperti pada uraian dibawah:

✔ Siapkan 2 Ikat Daun Singkong Yanng Muda

✔ Siapkan 1 Liter Santan (Dari 1/2 Butir Kelapa)

✔ Memarkan 1 Batang Serai

✔ Memarkan 1 Ruas Jari Lengkuas

✔ Siapkan Daun Salam 2 Lembar

✔ Siapkan Daun Jeruk 3 Lembar

✔ Siapkan Garam Dan Gula Secukupnya

Bumbu Halus

Tidak hanya bahan saja, hal penting lainnya dalam pengolahan gulai daun singkong bumbu padang ini juga memerlukan bumbu halus. Lantas apa saja bumbu tersebut? perhatikan paparan dibawah:

✔ Bawang Merah 7 Butir

✔ Bawang Putih 4 Siung

✔ Kemiri Sangrai 3 Butir

✔ Cabai Merah Keriting 5 Buah

✔ Ketumbar Sangrai 1/2 Sdm

✔ Kunyit Bakar 1 Cm

✔ Merica Butiran 1/2 Sdt

Langkah/Cara Membuat

Apabila bahan dan bumbu diatas sudah anda siapkan, sekarang saatnya ke bagian akhir pekerjaan yaitu langkah atau cara pengolahan resep gulai daun singkong bumbu padang. Perhatikan step-step yang sudah admin padangpedia.com susun dibawah ini:

✔ Langkah 1

Rebus daun singkong hingga masak, buanglah airnya, peras, setelahnya potongi lalu tepikan/sisihkan dulu.

✔ Langkah 2

Tumislah bumbu halus yang sudah disiapkan tadi hingga harum, setelah itu masukan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai, aduk sampai rata lalu tuangkan santan dan masaklah hingga mendidih.

✔ Langkah 3

Sesudah santan mata/mendidih masukkan daun singkong yang direbus tadi, bumbui dengan garam dan gula, aduk sampai rata, dan masak kembali hingga mendidih.

✔ Langkah 4

Lakukan test rasa bila dirasa sudah cocok, lalu matikan api dan gulai daun singkong bumbu padang siap untuk disuguhkan.

Tips Resep Gulai Daun Singkong Bumbu Padang

Beberapa tips dibawah mungkin juga berguna untuk Anda dalam pengolahan dan pengerjaan gulai daun singkong padang ini yaitu:

✅Rebus daun singkong saat air telah betul-betul mendidih, tidak boleh tutup panci ketika proses perebusan sedang berlangsung, karena akan membuat daun singkong menjadi menghitam berubah warnanya jadi coklat.

✅Suguhkan Gulai Daun Singkong satu ini bersama dengan lauk empal gepuk bisa juga dengan ikan asin goreng, nasi putih dan krupuk menjadi menu sahur atau buka puasa dengan keluarga. Selamat mempraktekkan!

Pengertian Gulai Daun Singkong

Gulai daun singkong adalah sejenis masakan yang terdiri dari daun singkong yang dimasak dalam kuah gulai. Masakan ini berasal dari Padang, sebuah kota di Sumatra Barat, Indonesia.

Gulai daun singkong biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi kuning, dan sering dimakan bersama dengan ayam, daging sapi, atau ikan. Masakan ini memiliki rasa yang kuat dan pedas, dan merupakan salah satu masakan khas dari Padang.

Catatan

Anda baru saja membaca dan menyimak proses, bahan, bumbu, tips hingga Resep gulai daun singkong bumbu padang yang bisa Anda bikin sendiri. Maaf bila banyak yang tidak berkenan dalam penjelasannya.

Terimakasih, semoga resep gulai daun singkong ala padang ini dapat berguna dan bermanfaat serta menambah ilmu baru untuk mengasah kemampuan memasak Anda.