AslEnbAPoWRqpLbGBgcm6DsXO8rynmk2pZ6Hu1Fv

Inilah Resep Sayur Lodeh Padang Lengkap, Tewel dan Nangka

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat, memasak Lodeh? Lihatlah resep sayur lodeh padang "Nangka" serta bumbu lodeh tewel padang lengkap

www.padangpedia.com - Sudahkah anda tahu, Resep sayur lodeh padang yang lengkap? berikut kami paparkan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mengerjakan membuat atau memasak sayur lodeh padang.

Kami ingin memberitahu lebuh dulu bahwa resep sayur lodeh nangka padang, serta bumbu lodeh tewel padang merupakan hal dasar yang perlu diketahui agar mendapatkan hasil dan rasa yang memuaskan.

Resep dan pemilihan bahan "Sayur Lodeh Padang" yang salah pastinya akan sangat berpengaruh pada rasa dan hasil pada jenis sayur satu ini.

Pada topik ini fokus pada 2 (Dua) point yaitu Resep sayur lodeh nangka padang dan Bumbu lodeh tewel padang seperti berikut ini.

Resep Sayur Lodeh Nangka Padang

resep sayur lodeh padang, sayur lodeh padang, resep sayur lodeh nangka padang
Image: Resep Sayur Lodeh Padang Lengkap

Buah nangka ialah buah yang sangat kaya akan nutrisi. Tidak hanya dikenal sebagai buah saja, namu nangka mentah ini pula dapat diolah jadi sayur-mayur yang nikmat rasanya serta dapat menyehatkan siapa saja yang mengkonsumsinya. Karena nangka sendiri memiliki protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, serta fosfor.

Pastinya buah nangka pula mempunyai banyak khasiat untuk badan. Komsumsi nangka dapat bantu membetulkan sistem pencernaan, mengendalikan diabet, tingkatkan imun, serta mempertajam indra penglihatan. Tidak heran bila masakan rumahan dari nangka banyak difavoritkan. Lihat ✔ Resep sayur nangka padang sajian sedap

Nah, olahan buah nangka yang paling banyak disukai yakni sayur lodeh. Umumnya terbuat dengan santan serta bumbu- bumbu yang lain, kuah dari lodeh yang gurih sangat sesuai dimakan dengan lauk pasangan semacam ayam goreng, tempe goreng ataupun lauk yang lain.

Sebelum masuk ke bumbu, di uraian dibawah ini merupakan resep sayur lodeh padang khususnya "Nangka" yang bisa Anda praktekkan dirumah:

Bahan Sayur Lodeh Nangka Padang

Berikut adalah daftar bahan olahan Sayur Lodeh Padang yang harus anda persiapkan selain bumbu yang akan Anda lihat dibawah ini.
Sebelumnya Mommy juga bisa lihat daftar terkait 👉Sayur Nangka Padang Terbaik, yang sudah bisa anda praktekkan dirumah.

✅ 300 gr nangka muda

✅ 1 genggam daun melinjo

✅ 2 buah santan instan

✅ 3 lembar daun salam

✅ 1 ruas lengkuas, memarkan

✅ Kaldu jamur, secukupnya

✅ Gula pasir, secukupnya

✅ Garam, secukupnya

✅ Minyak kelapa, secukupnya

✅ Air, secukupnya

Bumbu Halus Sayur Lodeh Nangka Padang

Setelah menyiapkan bahan diatas, sekarang adalah Bumbu atau Resep yang juga wajib anda persiapkan dalam mengolah Lodeh Padang satu ini, lihatlah pada uraian berikut ini.

✅ 7 siung bawang merah

✅ 4 siung bawang putih

✅ 2 buah cabai rawit

✅ 5 buah cabai keriting merah

✅ 1/2 sdt kunyit bubuk

✅ 1 sdt lada bubuk

Cara Membuat Sayur Lodeh Nangka Padang

Karena Bahan dan Bumbu serta resep sudah selesai, saatnya anda wajib mengikuti langkah dan cara membuat ataupun memasak sayur lodeh padang satu ini.

✅ 1. Rebuslah terlebih nangka muda dengan sedikit campuran garam hingga mendidih lalu buang airnya dan sisihkan.

✅ 2. Tumislah bumbu halus yang sudah disiapkan tadi, malai dari daun salam dan lengkuas sampai wangi. Setelahnya masukkan nangka muda, daun melinjo dan air. Tunggulah sampai mendidih.

✅ 3. Kecilkanlah api, tambahkan santan lalu bumbui dengan kaldu jamur, garam serta gula pasir. Tunggu hingga mendidih kedua kalinya dan bumbu meresap. Sekali-sekali sambil diaduk supaya santan sayur lodeh nangka padang yang akan siap di hidangkan ini tidak pecah.

Bahan, Resep dan Bumbu Lodeh Tewel Padang

Bahan, Resep dan Bumbu Lodeh Tewel Padang
bumbu lodeh tewel padang

Lodeh tewel merupakan sayur kuah santan yang memiliki rasa yang amat gurih, yang didalamnya tewel alias nangka muda. Umumnya sayur satu ini biasanya ditambah sayuran lain seperti terong dan daun melinjo.

Pada resep ini, anda dapat membuat lodeh tewel padang yang dikenal sebagai masakan rumahan yang tersebar diwilayah di Kota Padang dan Jawa Timur. Ikuti cara membuat lodeh tewel untuk 8 porsi seperti berikut:

Bahan dan Resep Lodeh Tewel

 200 gram nangka muda, Dipotong

 300 gram labu siam, Dipotong

 8 buah kacang panjang, Dipotong

 1 buah terong, belah dua bagian, Dipotong

 100 gram daun melinjo muda

 3 buah cabai hijau besar, Diiris bulat

 2 lembar daun salam

 3 cm lengkuas, Dimemarkan

 2 sdm garam

 2 sdt gula merah sisir

 2.000 ml santan dari 1 butir kelapa

Bumbu Halus Lodeh Tewel

 8 butir bawang merah

 3 siung bawang putih

 3 butir kemiri, sangrai

 1/2 sdt terasi goreng

 2 cm kencur

 1/2 sdt ketumbar

Cara Memasak Lodeh Tewel

✅ 1. Rebuslah santannya juga daun salam, lengkuas, dan bumbu halus sampai harum/wangi.

✅ 2. Masukkan juga nangka muda, garam, dan gula merah. Rebuslah hingga setengah matang/Setengah masak.

✅ 3. Jangan lupa tambahkan labu siam, kacang panjang, terong, daun melinjo hingga cabai hijau. Setelahnya Aduklah secara merata.

✅ 4. Masaklah hingga matang. Setelahnya tuanglah lodeh tewel ke dalam panci atau mangkuk sajian dan nikmati bersama nasi putih yang hangat bisa ditambahkan sambal ijo khas padang, untuk melengkapinya

Sampai disini yang bisa kami sampaikan ke Anda mengenai Sayur lodeh nangka padang, moga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan terkait dengan pengetahuan resep sayur lodeh nangka padang serta Bumbu lodeh tewel padang