Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Padang Yang Berasal Dari Daging Sapi

Makanan khas Padang demikian populer di Indonesia karena mempunyai rasa khas yang renyah pedasnya. Bahkan juga di beberapa lokasi tidak susah lagi untuk mencari warung atau restaurant khas Padang.

Suguhan ini juga seringkali disebut oleh para penikmatnya sebagai makanan khas padang dari daging sapi yang rasanya pedas. sehingga bisa disimpulkan bahwa sajian satu ini merupakan perpaduan beberapa bahan olahan dengan cabe.

Makanan Padang dengan rasa rempah yang terasa tebal dan kaya rasa membuatnya dicintai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Di kesempatan hari ini yang menjadi fokus pembahasan padangpedia.com ialah Makanan Khas Padang Yang Berasal Dari Daging Sapi atau dengan bahan daging sapi.

Apa Saja Makanan Khas Padang Yang Berasal Dari Daging Sapi?

Sejumlah makanan terikenal dari padang yang berasal dari sapi misalkan Gulai Banak, Martabak. Agar semakin lebih jelas silakan baca penjelasan padangpedia.com di bawah ini:

Gulai Banak -Padang


Pertama yang termasuk dalam "Makanan khas padang yang berasal dari daging sapi" adalah Gulai banak yang merupakan makanan unik di Indonesia yang berasal dari Padang.

Makanan khas Padang satu ini dibuat dari bahan "otak sapi" yang merupakan bahan-bahan dasar dari pada gulai banak.

Apakah makanan ini aman? Sudah pasti. Otak sapi mempunyai kandungan vitamin B12 dan B5 yang baik untuk stamina badan.

Walau ada beberapa yang masih sungkan makan gulai satu ini namun sekali menikmati rasanya maka bisa dipastikan anda bakalan dibuat ketagihan. Struktur otak sapi yang dipotong kecil-kecil terasa begitu halus dan lumer dimulut.

Disamping itu sudah tidak kelihatan lagi bentuk dari otak sapinya yang kelihatan persis seperti makanan kikil sapi saja.

Tetapi kandungan kolestrol hidangan satu ini lumayan tinggi sob, jadi dihati-hati ya saat mengkonsumsinya. Disamping itu untuk menyingkirkan wewangian amisnya bisa digabungkan juga dengan daun mangkokan dan asam kandis didalam kuah gulai.

Nasi Kapau Plus Daging Sapi -Padang


Sajian makanan khas padang yang berasal dari daging sapi yang kedua adalah Nasi satu ini cukup dikenal merupakan sebagai nasi bungkus khas Padang, karena nyaris di tiap warung makan selalu disiapkan nasi yang ini. Mirip seperti nasi gudeg khas Jogjakarta, nasi kapau memakai nangka muda sebagai bahan dasarnya.

Tetapi perbedaannya adalah bila gudeg memakai gula merah dan jinten dalam pembuatannya maka nasi kapau mendominasikan kunyit untuk memberikannya warna kuning yang membuatnya begitu menonjol.

Umumnya Nasi kapau ini kerap dipasangkan dengan ikan yang lain seperti dendeng, balado daging sapi, ikan asin, telor, dan sebagainya.

Martabak Kubang -Padang


Siapa yang tidak mengenal martabak? ya Martabak Kubang termasuk dalam golongan (makanan khas padang yang berasal dari daging sapi).

Biasanya penjual martabak pada umunya  pastinya banyak yang jual martabak telor dan martabak manis. Lalu sudah pernahkah dengar nama martabak kubang?

Bila berkunjung ke Padang nama martabak yang satu ini sudah tidak asing lagi disana karena banyak penjual yang menjajakan makanan ini.

Martabak satu ini sepintas memang terlihat sama dengan yang lain yaitu adanya cincangan daging sapi yang sudah diberi bumbu dan digabung dengan telor lalu digoreng di dalam kulit martabak. Perbedaannya di padang memakai kuah untuk menyajikannya.

Kuahnya memiliki rasa yang nyaris serupa dengan pempek ialah pedis asam manis. Tentu saja akan nikmat bila dicicipi saat hujan atau saat kumpul dengan keluarga.

Sate Padang


Sate Padang biasanya dibuat dari bahan daging sapi seperti paru, kikil, hati, dan lidahnya. Langkah dalam mengolahnyapun hampir sama dengan sate secara umum yaitu dengan di beri bumbu selanjutnya dibakar hingga masak.

Tak hanya itu saja sate Padang memiliki rempah lebih lengkap dibanding sate di area yang lain. Beragam rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, serai, kunyit dipakai untuk membikin sate padang satu ini, dan inilah yang membuat rasanya lebih pekat dan nikmat.

Bahkan juga kepopuleran sate yang ini banyak dikenal dan tersebar diluar daerah Padang.

Rendang Khas Padang


Hampir di semua Indonesia telah mengenali makanan satu ini. Bahkan juga rendang terhitung ke 50 makanan paling enak di dunia yang baru-baru ini dilansir oleh guiness book record.

Tidak salah memang jika dilihat dari potongan daging penuh dengan bumbu dengan warna kecoklat-coklatan. bumbu rendang sangat menyerap sampai sisi dalam potongan daging sapi hingga pas pada saat di mulut seakan sangat enak dan halus.

Apabila dilihat kembali tidak salah jika menyebutkan rendang padang merupakan masakan terenak karena proses pembuatnya yang lama.

Potongan daging yang ada pada rendang padang akan direbus di air yang udah dimasukkan rempah-rempah di dalamnya. Proses perebusan ini biasanya memakan waktu 4 jam sampai airnya jadi kental dan bersatu dengan daging.

Nah Lama proses perebusan inilah yang akan membuat bumbu rempahnya dapat masuk ke serat daging.

Soto Padang Dengan Kaldu Sapi


Kalau di Jawa soto yang cukup dikenal disana ialah soto Lamongannya, Kalau di Sulawesi soto yang terkenal ialah soto Makassar, nach untuk daerah Sumatera soto yang paling cukup dikenal ialah soto khas Padang.

Walau memiliki nama yang sama soto padang ini memiliki rasa yang berbeda soto lainnya. Kenapa?, karena Soto Padang mempunyai ciri khas yaitu memakai daging goreng atau dendeng.

Di tambah lagi pemakaian bihun dan kentang merupakan alternatif nasinya. Kuah soto yang biasanya memiliki warna hijau kekuningan yang membuatnya tidak serupa dengan Soto Padang hanya karena memakai kaldu sapi untuk kuahnya hingga kelihatan lebih bening dan fresh.

Kalio Dagiang


Kalio Dagiang merupakan Makanan Khas Padang Yang Berasal Dari Daging Sapi yang terakhir versi padangpedia.com. Kalio dagiang memiliki tekstur yang nyaris serupa dengan rendang namun berwarna lebih ceria dengan bumbu lebih encer dibanding dengan bumbu rendang.

Dalam pengerjaannya kalio dagiang hampir mirip dengan proses pembuatan rendang yaitu diolah dalam beberapa waktu "sampai beberapa jam" sampai bumbu betul-betul menyerap atau meresap

Kalio dagiang bukan hanya terpaku di potongan daging saja seperti rendang namun semua anggota badan sapi yang dapat diolah. Salah satunya sisi yang terbanyak dimasukkan ke masakan kalio dagiang ialah usus dan kikil.

Dari 2 bahan ini memiliki tekstur yang halus hingga memerlukan waktu yang pas untuk memasukkannya di bumbu agar/supaya tidak kehilangan struktur lunak dan lembutnya. Keakuratan waktu masak penting untuk membuat masakan dengan rasa khas kota Padang yang satu ini.

Sajian satu ini banyak dijumpai pada warung masakan padang yang tersebar di beberapa daerah. Tentu saja ini akan membuat perut anda akan lapar. Untuk itu janganlah lupa untuk mencicip makanan khas Padang yang satu ini.

Hanya itu yang dapat padangpedia.com sajikan terkait makanan khas padang yang berasal dari daging sapi versi padangpedia.com. -Mudah-mudahan membantu dan bermanfaat buat anda yang sedang perlu informasi-iformasi sekitar kulineran padang, Terima kasih

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Padang Yang Berasal Dari Daging Sapi"