AslEnbAPoWRqpLbGBgcm6DsXO8rynmk2pZ6Hu1Fv

Apa Sih Oleh Oleh Khas Padang Yang Terkenal?

Apa saja oleh-oleh khas padang "sesuatu yang dibawa dari bepergian" yang kamu tau? yuk temukan jawabannya di daftar oleh oleh khas padang terbaru

hay sahabat Padangpedia.com mari lihat apa Oleh-Oleh Padang Terkenal yang wajib anda ketahui. beberapa area di Indonesia, dan nyaris tiap wilayah itu tentunya memiliki khas oleh-olehnya tersendiri bukan?, seperti itu juga dengan daerah padang yang satu satu ini sob.

Apa oleh-oleh "sesuatu yang dibawa dari bepergian" khas padang yang sahabat tahu? umumnya dari anda mungkin cuma mengetahui Padang dari kulinerannya saja. Tetapi, Padang rupanya bisa menjadi tujuan rekreasi yang memikat,lho.

Beragam tujuan rekreasi alam sampai wisata bersejarah dapat anda temui di sini dan Tidak ketinggalan juga terkait "oleh-oleh" yang bagus untuk dibawa pulang kerumah seperti yang sudah paparkan berikut ini.

Daftar Nama Oleh Oleh Khas Padang

Bila mungkin kamu sedang pergi jalan ke wilayah Padang Sumatera Barat/Sumbar dan tak tahu untuk pilih Oleh-Oleh khas Sumatera Barat/Sumbar apa yang wajib kamu tentukan untuk sanak saudara yang sedang menunggu kepulangan anda.

1. Kue Sapik -Padang

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Kue sapik satu ini tidak jauh berbeda dengan kue semprong, yang membedakannya ialah bentuk penampakannya. Tidak digulung seperti kue semprong. Mengapa diberi nama kue sapik karena saat dikeluarkan dari alat pemanggangan kue ini di lipat dan diapit. oleh sebab itu nama kue itu ialah kue sapik. Rasa dari kue sapik renyah dan manis.

Makanan khas padang satu ini dibuat dari tepung beras, gula pasir, santan, telur dan bubuk kulit kayu manis.

Banyak bahan-bahan lain di beri untuk membuat kue sapik yaitu ketan sehingga membuat warnanya jadi coklat kehitaman karena itu ku ini diberi nama "kue sapik hitam". Umumnya kue satu ini dibandrol pada harga dimulai dari 10 ribu sampai 15 ribu.

2. Gelamai - Padang

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Bukan hanya makanan pedis saja yang bisa kita temui di Padang. Rupanya banyak makanan yang legit, manis, dan renyah lainnya. Dan makanan itu dinamakan Gelamai. Makanan satu ini tergolong sebagai oleh - oleh khas padang sumatera barat. Makanan yang ini "Gelamai" umumnya jadi penghantar saat ada pernikahan di Kota Padang Sumatera Barat/Sumbar.

3. Rendang Daging Sapi

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Seperti diketahui Rendang daging sapi umumnya sanggup tahan lama hingga aman bila dijadikan sebagai oleh-oleh.

Di beberapa pusat toko oleh-oleh "buah tangan", khas Padang, rendang daging sapi ini umumnya dipasarkan dengan harga kira-kira Rp55.000 per 250 gram.

4. Rendang Telur Kering

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Rendang telur kering terbuat degan banyak bahan seperti tepung terigu, telur ayam, garam, daun salam, daun jeruk, tangkai serai, dan air.

Tidak ketinggal di beri bumbu lembut yang dibuat dari ketumbar, kunyit, gula, garam, lengkuas, jahe, merica, bawang putih, dan bawang merah. Dari beragam bahan-bahan itu, membuat cita-rasa rendang telur kering ini terasa pedis.

5. Roti Randang

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Roti yang yang ini biasa disebut dengan nama roti randang. roti ini terlihat cukup terlihat beda dari rendang biasa isi dari rendangnya juga berbagai macam, mulai dari rendang daging sapi, rendang daging ayam, sampai rendang kacang merah.

Umumnya, satu buntel roti randang ini dipasarkan dengan harga lebih kurang Rp6.000. Anda dapat membeli di beberapa pusat toko oleh oleh Padang atau memesan secara online juga sudah tersedia.

6. Karak Kaliang

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Karak kaliang merupakan krupuk dengan warna kuning bahan-bahan dasarnya adalah ubi kayu. Metode untuk membuatnya yakni ubi kayu yang telah dikupas kulitnya dibersihkan hingga bersih.

Selanjutnya, ubi diparut dan diproses sampai menciptakan tepung ubi. Supaya rasanya bertambah renyah, adonannya ditambahi dengan garam dan bawang putih.

Bila tertarik untuk beli sebagai oleh-oleh, anda bisa langsung ke pabrik pembuatnya yang terletak di Kota Payakumbuh atau Kabupaten Limapuluh Kota. Bila kesini harganya agak murah "dapat dijangkau", biasanya ada diharga sekitar Rp5.000 per paketannya.

7. Kerupuk Balado Shirley

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Camilan yang lain yang dapat anda bisa dijadikan oleh-oleh dari padang ialah kerupuk balado. Dari beberapa penjual kerupuk balado yang banyak di Padang, salah satunya yang cukup cukup dikenal ialah Kerupuk Balado Shirley yang terletak di Jalan Gereja No 36, Padang Bar.

Bukan hanya kerupuk balado, anda bisa juga mendapati camilan ciri khas Padang lain seperti opakladodan kerupuk sanjai.

8. Kopi Padang

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Oleh-oleh padang selanjutnya adalah kopi khas padang. Bila sempat, kamu bisa coba singgah ke area Batusangkar, jarak tempuhnya kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat Kota Padang. Di sini, anda dapat bertandang ke Kiniko Enterprise, penyuplai kopi Padang.

Bukan hanya memiliki kesempatan untuk mengitari kebun kopi, anda bisa juga mencicip langsung kopi bikinan Kiniko Enterprise.

Menariknya lagi, kopi akan dihidangkan memakai batok kelapa. Disamping itu, anda bisa beli Kopi Kiniko Enterprise sebagai oleh-oleh khas padang. Harganya juga terjangkau berkisar Rp20.000 Rupiah.

9. Kerupuk Sanjai Balado

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Satu diantara banyaknya jenis kerupuk balado yang dapat anda beli buat oleh-oleh Padang ialah kerupuk sanjai.

Kerupuk sanjai biasanya dibuat dari singkong. Kata "sanjai" sendiri terinspirasi dari nama jalan di Dusun Manggis Gantiang Sanjai, yang merupakan tempat asalnya keripik sinjai dibuat.

10. Bolu Batik

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Bolu batik merupakan kue bolu gulung yang sisi atasnya dihias memakai pola batik. Diperlukan ketrampilan dan kecermatan yang lumayan tinggi untuk dapat "menggambar" pola batik di atas bolu ini. 

Tidaklah aneh, bila pada akhirnya satu jatah bolu batik dipasarkan pada harga yang lumayan mahal, yaitu kurang lebih Rp60.000.

11. Krupuk Jangek

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Jangek merupakan krupuk kulit ciri khas Padang yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Jadi kulit yang sudah direbus akan dibakar untuk menyingkirkan bulu-bulunya.

Seterusnya, kulit dijemur waktu kira-kira dua hari untuk selanjutnya digoreng sampai masak. Di beberapa kota lain di Indonesia, terutamanya di Jawa Timur, krupuk satu ini disebutkan dengan nama rambak.

Umumnya, krupuk jangek ada dalam rasa orisinal, tapi sekarang telah ada krupuk jangek dalam beberapa variasi rasa, misalnya seperti balado dan pedas manis. Untuk memperolehnya, anda dapat datang ke beragam toko pusat oleh-oleh Padang.

12. Mukena Kerancang

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Kalau tak mau bawa oleh-oleh berbentuk makanan dari Padang? Mukena kerancang bisa menjadi satu diantara alternative yang pas untuk anda buat jadi cendera mata.

Kerancang ialah seni merajut ciri khas Sumatera Barat/Sumbar yang membentuk kain dengan beberapa lubang beragam ukuran. Cukup banyak kreativitas kain kerancang yang dapat anda beli, diantaranya ialah mukena.

Dalam pengerjaan dan pembuatan mukena kerancang dengan corak biasa biasanya memerlukan waktu 12 hari, dan mukena dengan pola bunga atau tumbuhan dapat memerlukan waktu dua bulan. Harga Satu set mukena kerancang biasanya dipasarkan pada harga Rp400.000- Rp2 juta.

13. Kaus Bukittinggi - Jam Gadang

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Apakah masih tak tahu membeli oleh-oleh khas Padang apa yang cocok untuk orang dirumah? Anda bisa Pilih kaus sebagai cendera mata pastinya ini bisa menjadi alternative yang pas.

Anda dapat membeli kaus beragam warna dan design untuk teman atau untuk keluarga. Misalnya anda bisa memilih kaus dengan design khas Padang, seperti gambar jam gadang atau rumah tradisi padang.

Jenis oleh-oleh padang satu ini agak susah ditemui ditoko-toko biasa, anda dapat membelinya di beberapa pusat toko oleh-oleh khas padang di beberapa pusat belanja grosir seperti Sentral Pasar Raya yang terletak di area Jalan Mohammad Yamin.

14. Rendang Suwir Ayam

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Bila anda kurang makan daging sapi tetapi senang dengan yang di beri bumbu rendang, oleh-oleh rendang suwir ayam satu ini harus anda beli.

Buah tangan khas Padang yang ini namanya ialah daging ayam yang disuwir dan diolah memakai bumbu rendang. Biasanya, rendang suwir ayam mempunyai struktur kering hingga sepintas persis seperti abon.

Karena keadaannya yang kering, rendang suwir ayam sanggup tahan lama maka aman untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Sehingga nanti bila tiba dirumah, anda dapat mengkonsumsinya sebagai lauk atau tambahan makanan lainnya.

Satu kotak rendang suwir ayam dipasarkan pada harga kira-kira Rp50.000 dan dapat anda beli ke beragam pusat toko oleh-oleh khas Padang.

15. Dendeng Daun Singkong

Oleh Oleh Khas Padang www.padangpedia.com

Dendeng merupakan makanan yang dibuat dari daging. Uniknya lagi, anda dapat mendapatkan dendeng yang dibuat dari daun singkong di Padang . Sehingga, untuk anda yang ingin coba dendeng tetapi waswas akan resiko cholesterol, dendeng daun singkong menjadi alternative tepat.

Satu kemasan biasanya dipasarkan di harga kurang lebih Rp10.000 hingga Rp20.000 dan dapat anda beli ke beragam toko sentra oleh-oleh Padang.

Baca Juga:

Sekian informasi kuliner padang yang kami beri judul oleh oleh khas padang yang terkenal? semoga dapat membantu dan dan berguna bagi anda yang sedang mengiginkan sesuatu dari padang yang bisa di jadikan oleh-oleh